Sabtu, 07 Juli 2012

URUTAN PENCIPTAAN INDERA

 
Dan dialah yang menciptakan bagi kamu sekalian,Pendengaran,Penglihatan dan hati.(Surah Al Mukminun ayat 78 )

Dalam ayat diatas Al Quran menyatakan  urutan penciptaan indra manusia sejak dalam kandungan.hal ini tentunya sangat menarik dan menakjubkan mengingat tidak adanya pengetahuan mengenai embryologi pada saat Al Quran diturunkan,dimana dengan tegas dinyatakan bahwa urutan penciptaan pertama adalah pendengaran,kemudian penglihatan,dan berikutnya adalah hati.hati disini tentunya dalam konteks alat untuk berpikir yaitu otak.bukan dalam pengertian liver.


Lalu bagaimana menurut sains,apakah urutan penciptaan tersebut sesuai dengan apa yang diketahui oleh sains pada masa sekarang ini?

Mari kita simak pendapat dari seorang pakar dalam ilmu embryology,yaitu Prof.Keith L.Moore.seorang pakar yang sangat terkenal dalam bidang anatomy dan embryology di dunia.dalam tulisannya yang dipublikasikan pada Journal of Islamic medical association,beliau mengatakan “selama masa perkembangan foetus (janin),mata mulai terbentuk setelah organ telinga bagian dalam terbentuk.kemudian otak sebagai pusat pemikiran dan perasaan terbentuk setelah telinga dan mata.

Telinga foetus mulai terbentuk ketika kehamilan menginjak hari ke 22,dan bentuk telinga mulai menjadi sempurna perkembangannya pada masa kehamilan bulan ke empat.pada saat itu,foetus mulai dapat mendengar suara suara dalam rahim ibunya.oleh karena itu,indra pendengaran adalah indra yang pertama kali terbentuk sebelum semua organ vital lain. Dan Al Quran telah menyatakannya dengan tepat,sesuai dengan urutannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Like Our Facebook

Translate

Followers

D-Empires Islamic Information Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template