Selasa, 04 Desember 2012

AWAS…TERNYATA MUSIK BISA MEMBUNUH LHO…GAK PERCAYA




Di suatu pagi yang cerah seekor eh seorang cowo ABG sebut saja namanya Trimbil, berseragam SMA, dengan potongan gaul berjalan sambil sedikit mengangguk-anggukan kepala, di kedua telingannya terdapat dua earphone yang tersambung pada sebuah Ponsel Musik, dia berjalan seakan acuh kepada keadaan sekitarnya, koleksi music di ponsel yang bermemori sekitar 2 GB pun banyak, dari mulai lagu Rock jadul seperti Gun And Roses, sampai lagu-lagu terupdate seperti Justin Beiber, The Potter, Bondan and Fade 2 Black, Zivilla, Didi Kempot, Sheila On 7, Hijau Daun, dan sebagainya. Di tasnya pun terdapat laptop yang hard disc isinya 80 % musik.

Dia berjalan tak melihat jalan karena asyik mendengarkan musik, kemudian tiba-tiba dia terperosok ke sebuah parit dan jatuh ke dalamnya, lalu seekor ayam betina beserta anaknya terkejut, mengira ada ancaman buat anak-anaknya, si ayam mematok si Trimbil, dan Trimbil pun Tewas, tuh kan mati, bener kan.

OK CERITANYA BUKAN SEPERTI ITU.

Si Trimbil ini adalah seorang remaja yang disebutmusic freak / music mania alias seorang penggemar berat musik. Si Trimbil kemana-mana pasti dengerin musik kalau gak ya nyanyi, mandi nyanyi, buang air sambil nyanyi, gosok gigi pun sambil nyanyi dan besiul-siul, entah bagaimana caranya.
Trimbil juga gitaris dari grup band, yang dia dirikan bersama-sama teman-temannya, nama bandnya “ Yo Band”. Trimbil dinilai sebagai gitaris yang hebat, saking hebatnya dia bisa mainin nada dengan cepat, secepat kilat dan setenang langit, bahkan nadanya gak Cuma sampai 7 ( si ), tetapi sampai 10, wah gimana itu gak tahu. Semua kunci gitar dia kuasai, dari kunci minor, mayor, letnan, kopral, jenderal, add, sus, jazz, kunci Inggris, kunci pintu rumah tetangga pun dia kuasai ( jangan-jangan maling ). Kalau si Trimbil lagi ngliatin skillnya main gitar uuhhh.... cewe-cewe kaya ayam nelen duren, alias tergila-gila.

MUSIK DALAM PANDANGAN ISLAM

Rasulullah Saw bersabda “ suara seruling adalah suara setan “. HR. Bukhari. Nah lho ... Ok tunggu dulu, bukan berarti seruling itu Haram lho, karena saat merayakan hari Idul Fitri di rumahnya, Beliau Saw mendengarkan orang bernyanyi dan main seruling, kemudian datang Abu Bakar dan dia bertanya “ Suara setan ada di rumah Rasulullah??”, kemudian Rasul saw menjawab “wahai Abu Bakar, setiap kaum mempunyai hari raya, dan ini hari raya kita “.
Ada ulama yang mengatakan bahwa musik itu Haram, namun banyak juga yang mengatakan musik itu mubah ( boleh ), karena dalil ketika Rasul saw merayakan hari Idul Fitri itu.

HATI-HATI MUSIK SANG PEMBUNUH KARAKTER

“Musik adalah mata untuk telinga “, itulah kata-kata seorang seniman jaman dulu, gak tahu siapa, pokoknya seniman.
Karena musik itu bebas nilai, maka musik akan berkarakter sesuai dengan yang membawa musik itu, jika yang bawa orang Islam yang Islami maka musik pasti berkarakter Islami, namun jika musik itu yang membawa orang kafir atau orang Islam tapi gak jelas keIslamanya maka musik akan berkarakter yang gak jelas juga.
Contoh : Lagu Imagine yang dinyanyikan John Lennon, dalam lagu itu dia tidak percaya agama, Tuhan dan Surga Neraka, nah bahaya kan. Ada lagi lagunya Dewa 19, lagu jaman saya SMP dulu, yang judulnya Elang, liriknya gini “ ini tanganku untuk pegang, ini tubuhku untuk kau peluk, ini knalpot untuk kau cium, lha kan itu sangat berbahaya, lihat saja pake peluk sama cium...waaah dah mendekati Zina... Haram.

Secara sadar dan gak sadar pikiran kita terbawa oleh musik, misalnya musik dari penyanyi kita di TV yang isinya sebenarnya hanyalah Cinta adalah Pacaran, Pacaran adalah Cinta, dan Tidak Ada  Cinta Tanpa Pacaran. Itu benar-benar menyihir teman-teman kita, sehingga mereka semua dengan gegabah bermain cinta tanpa aturan, walaupun mereka belum paham apa itu cinta, bagi mereka pacaran itu cinta.
Itulah musik yang dimaksud bisa membunuh karakter, karena karakter kita adalam Islam, kenapa?, karena agama kita Islam. Sedangkan musik yang ada tidak berkarakter Islam.

BAGAIMANA KITA BERSIKAP?

Memang mendengarkan musik yah sah-sah saja, boleh, tetapi jangan ditelan mentah-mentah, dimasak dulu, kasih bumbu, baru dicicip kalau gak enak kasih kucing. Logikanya gini, tidak ada yang mengharamkan untuk memakan batu, tapi kalian mau makan batu ?, enggak kan.
Jadi mendengarkan musik pun seperti itu, kita harus punya sikap, jadikan musik sebatas hiburan semata, untuk ngilangin stress akibat PR menumpuk, akibat tugas menumpuk. Jangan jadikan sebagai pegangan hidup wah bahaya tuh, karena musik yang ada sekarang ini bukan pegangan hidup.

MUSIK YANG SESUAI ISLAM

Musik yang sesuai Islam bukan berarti musik seperti Hadad Alwi, atau Snada, dan Nasyid lainnya, tetapi musik yang bebas dari nilai-nilai yang bertentangan dengan Islam, bagaimana, ya terserah dari kreativitas senimannya, luas banget kok yang namanya musik, Islam hanya membatasi sedikit saja, yaitu yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam, misal mengajarkan untuk mendekati zina, atau zina.

SENIMAN ISLAM ADALAH SENIMAN PALING KREATIF SEDUNIA

Pernah dengar Al Farabi, dia adalah Maestro seni musik Islam, Al Farabi itulah yang menemukan gitar modern 6 senar, sebagai revolusi dari gitar kuno persia yang 12 senar, dia juga yang mengubah harpa menjadi piano untuk memudahkan permainannya. Al Farabi lah yang membakukan nada menjadi CDEFGAB. 
Seni Islam sangat banyak dan sangat kreatif karena memang tidak membatasi pada satu lingkup saja. Islam melarang membuat patung, sehingga para seniman seni rupa, membuat bangunan-bangunan seperti masjid dengan arsitektur yang luar biasa, membuat boneka untuk menceritakan sesuatu seperti wayang golek, wayang kulit dan boneka mainan anak-anak cewe. Dan masih banyak seni rupa abstrak yang tingkat kreatifitasnya luar biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Like Our Facebook

Translate

Followers

D-Empires Islamic Information Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template