Senin, 20 Mei 2013

Arti Nama Beberapa Nabi Dan Rasul

berhijrah

NAMA 25 nabi dan rasul sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Namun, tahukah Anda mengenai arti dari nama-nama nabi dan rasul tersebut? Di bawah ini disebutkan beberapa arti nama beberapa nabi dan rasul yang wajib diketahui umat Islam.

1. Musa: dari bahasa Mesir kuno, asal katanya “Mu” yang artinya air dan “sa” artinya putra. Musa bermakna ‘Putra Air’ karena Nabi Musa ditemukan di sungai Nil ketika beliau masih bayi oleh istri Fir’aun, Asiyah.

2. Hud: berasal dari bangsa Arab keturunan kaum ‘Ad. Diambil dari kata jama’ ‘Ha’id’ yang berarti orang yang bertaubat, atau ‘yang kembali kepada kebenaran.’

3. Sholeh: nabi bangsa Arab dari kaum Tsamud. Sholeh artinya orang yang senantiasa beribadah dan senantiasa mendirikan hak-hak Allah.

4. Syu’aib: nabi dari bangsa Arab dari kaum Madyan, yang menikahkan putrinya dengan Nabi Musa AS, diambil dari kata ‘sya’b’ yang berarti kelompok atau generasi manusia, karena beliau mengumpulkan kembali kaumnya setelah terpisah.

5. Isma’il: putra dari Nabi Ibrahim, nama Ismail merupakan bentuk Murakkab (majemuk) dari ‘isma’ (mendengar) dan ‘eil’ (Allah) yang artinya: “Allah mengabulkan.”

6. Ibrahim: Abul Anbiya (bapak para nabi) dan bapak dari Isma’il dan Ishaq, yang artinya ‘bapak dari orang-orang tertinggi (nabi-nabi).’

7. Muhammad: Nabi dari bangsa Arab yang merupakan penutup para Nabi. Artinya ‘orang yang memiliki akhlak terpuji.’ [dm/islampos]

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Like Our Facebook

Translate

Followers

D-Empires Islamic Information Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template