Rabu, 20 November 2013

Jauh Sebelum Newton, Al-Quran Berbicara Soal Gravitasi



PERNAHKAH kita berpikir, kenapa bumi, matahari, bintang, bulan, planet, tatasurya tidak jatuh dan tidak berbenturan satu sama lainnya? Begitu juga lautan, gunung juga bumi tempat kita berpijak dan menetap ini tidak goyang, stabil dan kukuh pada tempatnya?

يقول تعالى: (اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ قَرَارًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ فَتَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ) [غافر: 64].

“Allah yang menjadikan buat kamu bumi sebagai tempat menetap dan langit sebagai bangunan, dan membentuk kamu lalu membaguskan bentuk kamu serta memberi kamu rezeki yang baik-baik. Demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, maka Maha banyak anugerah Allah, Tuhan semesta alam”. Q.S. Ghafir; 40:64

PENJELASAN AYAT

Dalam ayat ini Allah berbicara tentang aneka anugerah-Nya yang dibentangkan di hadapan kita, yaitu dijadikannya bumi sebagai tempat menetap dan langit sebagai bangunan, dan membentuk rupa dan postur manusia dalam aneka bentuk yang berbeda satu dengan yang lain, serta memberi rezeki yang baik-baik dan bermanfaat.

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya mengatakan kata (qararan) yakni bumi sebagai hamparan dan tempat menetap dalam kondisi stabil dan layak buat kehidupan kamu walau dia senantiasa beredar. Berkat rahmat dan karunia-Nya, Allah SWT menjadikan bumi ini terhampar luas dalam kondisi stabil. Kenapa demikian?

FAKTA ILMIAH

Dalam riset ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan terdahulu, mereka mengatakan bahwa semua benda memiliki gaya Gravitasi yaitu gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut dengan percepatan gravitasi bumi.

Ilmuwan pertama yang mengungkap hukum Gravitasi Bumi ini adalah Isaac Newton pada abad 17, ia menjelaskan semua benda-benda di angkasa memiliki massa. Begitu juga bumi memiliki massa yang sangat besar yang menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Karena gravitasi inilah maka semua benda di alam raya ini menyatu hingga atmosfer (lapisan udara).

Jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi, benda-benda di alam raya ini akan tersebar, begitu pula bumi, matahari, dan sebagian besar benda makroskopik di alam semesta. Gravitasi dikenal juga sebagai agen yang memberi bobot ke objek dengan massa dan menyebabkan mereka untuk jatuh ke tanah ketika jatuh.

SISI ILMIAH MUKJIZAT AL-QUR’AN

Para ulama yang mendalami kemukjizatan al-Qur’an mengatakan bahwa Allah telah mengisyaratkan tentang nikmat yang dianugerahkan-Nya kepada kita jauh sebelum para ilmuwan melakukan penelitian tentang gravitasi, yaitu dijadikannya bumi sebagai tempat menetap (“Allah yang menjadikan buat kamu bumi sebagai tempat menetap” ) dan juga kestabilan segala sesuatu yang berada di atasnya karena sebuah sistem yang disebut “sistem gravitasi bumi”.
Subhanallah… [islampos]

Sumber

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Like Our Facebook

Translate

Followers

D-Empires Islamic Information Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template