Kamis, 03 April 2014

Apa Itu Area 51?



DARI sekian banyak lembaga atau pusat penelitian yang terkenal di dunia internasional, area 51 merupakan fasilitas pengembangan milik Amerika Serikat yang sangat rahasia. Meski memiliki peran vital dan membutuhkan anggaran besar, tetapi apa yang dilakukan, program serta keuangan Area 51 tidak pernah diketahui oleh publik alias tertutup rapat.

Semua aktivitas serta kebutuhan Area 51 tidak masuk dalam anggaran serta laporan pemerintah Amerika Serikat. Bukan hanya itu, banyak misteri dan fenomena aneh di Area 51 yang mengundang rasa penasaran publik.

Area 51, juga secara resmi dikenal sebagai Groom Lake atau Homey, adalah sebuah detasemen terpencil dari Edwards Air Force Base. Menurut Central Intelligence Agency (CIA), nama yang benar untuk Area 51 adalah Nevada Test and Training Range and Groom Lake, meskipun nama Area 51 digunakan dalam dokumen CIA ketika perang Vietnam. Nama lain yang digunakan untuk fasilitas ini termasuk Dreamland, Paradise Ranch, Home Base, Watertown, dan Groom Lake. Daerah di sekitar lapangan ini disebut sebagai (R-4808N).

Daerah ini terletak di bagian selatan Nevada di Amerika Serikat bagian barat , 83 mil (134 km) utara – barat laut dari Las Vegas. Groom Lake, pusatnya, merupakan sebuah lapangan udara militer besar. Tujuan utama pangkalan ini ini secara resmi belum ditentukan, namun berdasarkan bukti sejarah, kemungkinan besar mendukung pengembangan dan pengujian pesawat eksperimental dan sistem senjata. Kerahasiaan di sekitar pangkalan itu telah membuat area ini menjadi subyek sering teori konspirasi, yang paling lekat adalah pusat benda terbang tak dikenal (UFO).

Menurut wikipedia, meskipun area ini tidak pernah dinyatakan sebagai pangkalan rahasia, semua penelitian dan kejadian di area 51 bersifat Top Secret / Sensitive compartmented Informayion. Pada Juli 2013,  Central Intelligence Agency secara terbuka mengakui keberadaan pangkalan ini untuk pertama kalinya.
 
Kawasan ini dijaga ketat oleh militer dan pengamanan rahasia swasta yang dilengkapi senjata M-16. Masyarakat  sipil tidak dapat mendekat ke arah surveilence ini karena dilengkapi oleh sensor gerak tubuh. Siapapun yang mendekat atau bahkan mengabadikan kawasan ini akan dengan cepat diketahui. Wilayah udara kawasan ini juga terlarang untuk kegiatan penerbangan.
 
Meskipun dikenal top secret, tetapi beberapa program yang berkaitan dengan pembuatan pesawat tempur canggih untuk kepentingan pertahanan kerap bocor ke publik. Pemerintah Amerika Serikat tidak pernah mengakui keberadaan Area 51 secara tegas  hingga 29 September 1995 karena memang sangat dijaga kerahasiaannya. Jangankan masyarakat sipil. Sebagian pejabat pemerintah juga banyak yang tidak mengetahui keberadaan Area 51 ini. Hal itu dilakukan pemerintah Amerika Serikat agar dunia luar tidak mengetahui rencana, kekuatan, dan kemampuan teknologi pertahanan yang mereka miliki. [wikipedia]
 

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Like Our Facebook

Translate

Followers

D-Empires Islamic Information Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template