Senin, 20 Maret 2017

Spirit la ilaha illalLah : Mewujudkan Kemuliaan Islam dan Kaum Muslim



Setiap muslim pasti pernah bahkan sering mengucapkan salah satu kalimah thoyibah ini;la ilaha illalLah. Inilah kandungan atau inti dari syahadat muslim yang pertama. Kalimat ini bermakna bahwa tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Allah SWT. Maknanya pula tidak ada yang berhak untuk diibadahi melainkan Allah SWT saja.

Kalimah tauhid ini tentu tidak hanya untuk menegaskan bahwa Allah itu satu, tidak berbilang. Namun, ada jugakepastian bahwa Tuhan (Allah SWT) itulah yang merupakan satu-satunya tuhan atau sesembahan yang wajib diibadahi dan disucikan. Tidak boleh ada sesuatu yang lain yang disembah dan yang ditunduki oleh seorang muslim.

Bagi muslim, kalimat ini tentu sangat istimewa. Sebab, setiap muslim wajib bersyahadat dengan kalimat tauhid ini. Tidak ada satu pun muslim di belahan dunia mana pun yang tidak melafadzkan kalimat ini. Dengan demikian, kalimat tauhid ini telah menjangkau seluruh kaum muslim sedunia, tanpa memandang suku, ras, kelompok, strata sosial, batas negara dan sebagainya. Ini berarti kalimat tauhid telah menyatukan seluruh muslim sedunia.

Kalimat tauhid ini pula yang membedakan mana musuh dan mana saudara seiman. Kalimat tauhid inilah yang memberi semangat kaum muslim mana pun untuk berjuang membela agama Allah SWT. Rasulullah Saw. pernah bersabda :

"Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi; la ilaha illalLah (tidak ada ilah kecuali Allah) dan bahwa sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka lakukan yang demikian maka mereka telah memelihara darah dan harta mereka dariku kecuali dengan haq Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah" (H.R Bukhari Muslim)

Hadits tersebut mengisyaratkan bahwa kalimatla ilaha illalLah menjadi salah satu batas manusia yang harus diperangi dan diajak ke jalan Islam. Bahkan perintah itu sangat tegas -hingga dalam sistemIslam- negara (daulah) berkewajiban untuk melaksanakan dakwah agar kalimat tauhid ini tegak dan Islam berjaya.
Perjuangan dakwah Islam di masa Rasulullah Saw dan khalifah sesudahnya sangat kental dengan spirit kalimat tauhid ini. Sebab, mereka meyakini kalimat inilah yang menjadi pembeda yang hak dan batil, yang muslim dan kafir, yang iman dan kufur.

Tidak hanya di masa Rasulullah Saw. Kini, setelah kaum muslim lama menjadi bulan-bulanan orang-orang kafir, semangat menegakkan la ilaha illalLah itu kembali hadir. Musuh yang sama -yaitu orang-orang yang menghina Islam, Allah dan Rasul-Nya- telah mengingatkan kaum muslim saat ini untuk bersatu di bawah kalimat tauhid ini.

Oleh karenanya, kasuspenghinaan
al Quran oleh Ah*k beberapa waktu lalu, telah menggerakkan hati muslim yang masih ingin berpegang teguh pada la ilaha illalLah untuk menegaskan perlawanannya. Aksi Bela Islam 212 yang fenomenal bagi umat muslim di Indonesia, bahkan dunia telah menunjukkan bahwa mereka berjuang semata-mata karena keIslaman, karena satunya akidah, karena la ilaha illalLah.

Dan, bahkan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan ketika kalimat tauhid yang menjadi spirit perjuangan umat Islam saat itu hadir pula dalam bentukbendera (raksasa) berwarna hitam atau biasa disebut sebagaiarRayah. Rayah itu berwarna hitam dan bertuliskan kalimah la ilaha illalLah Muhammad Rasulullah. Hal ini semakin menegaskan bahwa kalimat tauhid ini telah memberi semangat perjuangan untuk kembali membangkitkan Islam dan kaum muslim.

Spirit la ilaha illalLah layak hadir dalam perjuangan umat Islam, karena kalimat ini memberikan loyalitas hanya kepada Allah semata. Artinya segala sesuatu yang menyerang dan memusuhi Allah maka layak dilawan oleh umat Islam.

Kalimat tauhid ini telah memberikan kekuatan bagi umat untuk bersatu, untuk bangkit, untuk bergerak melawan kedzaliman, melawan kekufuran dan melawan penentangan kepada hukum-hukum Allah SWT.

Sungguh, betapa dahsyatnya kalimat ini. Meski pendek (singkat), namun penuh makna. Ia bukan hanya menjadi pendorong kaum muslim bergerak. Rupanya orang kafir pun amat memusuhi kalimat ini. Sedikit menengok ke belakang di masa Rasulullah Saw. Sungguh, Beliau Saw. adalah sosok pribadi santun berbudi yang sudah terkenal di kalangan Quraisy. Namun, apa yang terjadi pada orang-orang tatkala Rasulullah Saw tiba-tiba menyerukan kalimat la ilaha illalLah. Rupanya orang-orang yang tidak mau beriman lebih rela kehilangan keluarga, harta bahkan jiwanya daripada harus mengimani Allah dan Rasul-Nya melalui kalimat ini. Mereka tiba-tiba memusuhi Nabi Saw. yang berakhlak mulia itu dan menyatakan perang terhadap Nabi dan ajarannya. Sungguh, ini pun sebuah fenomena yang luar biasa.

Ada apa dengan kalimat la ilaha ilalLah? Tentu, karena kalimat ini datangnya dari Allah Rabbul ‘alamiin, yang menciptakan manusia. Ia dikehendaki memiliki makna yang amat dalam. Oleh karenanya, setiap muslim selayaknya menjadikan kalimat tauhid inisebagai spirit atau semangat untuk berjuang menggapai ridho Allah SWT.

Kalimat inilah yang akhirnya mengantarkan umat Islam pada era kegemilangannya hingga belasan abad. Ini karena kalimat tauhid ini telah mengantarkan umat Islam pada ketundukan totalitas kepada Allah SWT. Ketundukan itu terwujud dalam tatanan kehidupan kaum muslim, baik secara pribadi di keluarga, masyarakat bahkan negara sesuai hukum syariah. Kegemilangan negara (kekhilafahan) Islam sejak dipimpin Nabi Muhammad Saw hingga berakhir pada abad 19 atau 20 Masehi menunjukkan bahwa spirit la ilaha illalLah telah mengantarkan pada kemajuan Islam dan kaum muslim.

Kini sudah saatnya, kita kembali kepada ajaran Nabi Saw. dengan memahami makna la ilaha illalLah dengan sebenar-benarnya dan mewujudkannya dalam kancah kehidupan. Mari terus berjuang dengan semangat kalimat tauhid; la ilaha illalLah, hingga panji (Royah) Rasulullah Saw pun kembali berkibar, tanda hadirnya kembali kemuliaanIslam dan kaum muslim. Aamiin. []Noor Hendra (Aktivis MHTI Bogor)

==============================
Dukung terus Opini Syariah dan Khilafah. Raih Amal Sholih dengan Ikut Serta Menyebarkan Status ini.
==============================
Jika Saudari ingin bergabung dalam perjuangan MUSLIMAH HIZBUT TAHRIR INDONESIA silahkan layangkan pesan dengan format:
NAMA JELAS, ALAMAT LENGKAP, NO TELP/HP, ALAMAT EMAIL.
Insya Allah, Muslimah Hizbut Tahrir di daerah terdekat akan segera menghubungi.
==============================
Silahkan ikuti kami di:
www.hizbut-tahrir.or.id
Facebook : www.facebook.com/opinimhti
Twitter : www.twitter.com/women4khilafah
Instagram: www.instagram.com/muslimahhtiid
Youtube : www.youtube.com/user/MUSLIMAHMEDIACENTER
https://www.youtube.com/c/MUSLIMAHMEDIACENTERID
Radio CWS: http://muslimahhizbuttahrir.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Like Our Facebook

Translate

Followers

D-Empires Islamic Information Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template